widget

Rabu, 06 Mei 2015

Belajar Bahasa Arab dengan Aplikasi Kitab Durusul Lughah



 Bahasa arab adalah bagian dari islam. Tidak ada jalan lain bagi orang yang ingin memahami dan mendalami diin melainkan ia harus menguasai bahasa arab, karena bahasa Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah bahasa arab.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata, “Dan juga bahasa Arab itu adalah bagian dari agama Islam, mempelajarinya adalah suatu kewajiban, karena memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah wajib dan keduanya tidak mungkin dipahami kecuali dengan bahasa Arab. Jika ada suatu kewajiban yang tidak sempurna dilaksanakan kecuali dengan disertai suatu hal, maka hal tersebut hukumnya menjadi wajib. Kemudian sebagian bahasa Arab itu ada yang termasuk ke dalam kategori fardhu ‘ain dan sebagian lainnya termasuk dalam kategori fardhu kifayah” (Iqtidhah Ash-Shirath Al-Mustaqiim: 207) (Keutamaan dan Kewajiban Mempelajari Bahasa Arab: 31)
Salah satu kitab dalam mempelajari bahasa arab adalah Durusul Lughoh Al-’Arabiyyah, kitab ini mudah untuk dipelajari dan telah memiliki buku panduan dan kunci jawaban agar bisa belajar secara mandiri. Namun perlu diingat bahwa dalam mempelajari bahasa arab haruslah melalui guru, karena guru akan menjelaskan ilmu-ilmu yang terkandung dalamkitab tersebut yang mana ini tidak bisa dilakukan oleh orang yang sedikit ilmu mengenainya. Dan selain itu guru pun dapat memberikan penjelasan yang mudah dan menjadi tempat bagi kita untuk bertanya jika ada kesulitan dalam memahaminya. Adapun belajar melalui buku-buku hanya sebagai penunjang agar lebih cepat menguasai dan memperkaya kosa kata bahasa arab.
Sumber Klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar