widget

Selasa, 28 April 2015

Model – Model Pembelajaran Bahasa Arab Sesuai Dengan Aspek Keterampilan Bahasanya

Model – Model Pembelajaran Bahasa Arab Sesuai Dengan Aspek Keterampilan Bahasanya. Keterampilan Menyimak/istima’: 1. Asror mutasalsilah أسرار متسلسلة : guru membagi siswa menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri 6-7 orang siswa, guru membisikkan kosa kata atau kalimat yang diperlihatkan kepada siswa yang paling depan pada masing-masing kelompok untuk selanjutnya dibisikkan pada siswa dibelakangnya demikian sampai akhir. Kelompok yang tercepat dan benar maka dialah yang menang. Dalam hal ini siswa belajar kecepatan dalam menangkap informasi ; tepat dan akurat. Sbg contoh : سورة طويلة , صورة طويلة . أكمل كامل كلامه فاستكمل . لم يكتمل كلام كامل . كمل كلامك يا كامل !!! 2. Siapa yang bicara (manil mutahaddits) من المتحدث؟ . Guru memperdengarkan sebuah percakapan yang sederhana, kemudian siswa menebak siapa yang bicara. Missal; suara antara siswa dan guru, dokter dan pasien, pedagang dan pembeli. رجل 1 : ماذا أحسست في بطنك؟ رجل 2 :أحسست ألما شديدا . رجل 1: تناول هذا الدواء . شكرا . Permainan bahasa untuk keterampilan bicara (kalam). (ta’bir syafawi). 1. Apa yang saya lakukan ماذا أفعل ؟)); guru memperagakan gerakan dari suatu kegiatan tertentu kemudian memberikan perintah kepada siswa untuk menebak tentang pekerjaan tersebut , seperti ; gerakan sedang makan di dapur, guru meletakkan pena di atas meja dll هو يأكل في المطعم , المدرس يكتب على السبورة , التلميذ يقرأ الدرس 2. Kotak barang (shunduq al – asyya’). Guru memasukkan berbagai benda yang sebelumnya satu persatu pada siswa ke dalam sebuah kotak, setelah itu bertanya pada mereka benda apa yang sedang di pegang, jika siswa menebak dengan benar maka benda tadi dikeluarkan dst. Contoh: ساعة اليد , الختم , المحمول , بطاقة شخصية , المشط , القلم , الممسحة 3. Deskripsi gambar (shif ash-shuroh) صف الصورة . Guru memperlihatkan beberapa gambar orang terkenal kepada siswa, kemudian meminta satu orang siswa mengomentari satu gambar , demikian hingga akhir. Contoh gambar sby:…. هو خبير في السياسة , كان رئيسا لجمهورية اندونيسيا لمرحلتين , هو دكتور في اقتصادية زراعية 4. Sepuluh pertanyaan untuk satu jawaban (‘asyru sualan liijabatin wahidah). Siswa menebak sebuah profesi yg dipilih siswa . untuk menuju jawaban yg benar siswa lain harus mengajukan sepuluh pertanyaan yang dimulai dengan kata Tanya hal…..dan dijawab naam atau laa. Sebagai contoh:……………. هل تذهب الى مكتب ؟ هل تكتب رسالة كل يوم؟\ هل تعمل داخل الغرفة؟ Permainan bahasa untuk keterampilan membaca (qiroah). 1. Ikhtabir ma’lumaatik!. Guru member beberapa soal teka teki dalam bentuk tertulis dengan bentuk yang lucu dan kritis kemudian siswa menjawabnya. Atau untuk lebih simple , guru menulis sepuluh pertanyaan dan jawabannya ada pada 10 kartu yang lainnya, siswa bisa dibuat menjadi beberapa kelompok (bekerja sama). 2. Al-auroq al mumazzaqoh. Guru memilih cerita cerita pendek dari buku, majalah Koran dll. Kemudian dipotong potong menjadi beberapa bagian, selanjutnya guru menceritakan cerita tersebut , setelah selesai siswa disuruh mengurutkan sesuai dengan cerita yang telah dibacakan dst. 3. Antonym (dhiddhul kalimat). Guru menunjukkan kata yang ditulis dikartu kemudian siswa menyebutkan lawan kata tsb. Atau siswa disuruh mengambil kartu secara acak, dan siswa yang mendapat kartu langsung menyebutkan lawan katanya, jika siswa tdk dapat menjawab, dapat hukuman (edukatif). 4. Takhrij al kalimat al ghoriibah. Guru memperlihatkan secara cepat beberapa jenis atau kelompok kata ,,, salah satu nya asing,,,,,,,,siswa disuruh menentukan kata asing tersebut. Keterampilan menulis (kitabah). (ta’bir tahriri) 1. Al kalimat al mutaqothi’ah. Guru menyiapkan beberapa pertanyaan dalam bentuk teka teki silang dan siswa diminta menjawab tts tsb. 2. Melengkapi huruf atau kata yang kurang/hilang. Guru menyuruh siswa menuliskan satu huruf atau kata yang hilang pada kata atau kalimat tertentu yang dibantu dengan gambar yang menunjukkan kata dari jawaban termaksud. 3. Mengurutkan kalimat (tartibul kalimat). Guru membuat beberapa kata atau kalimat secara tidak beruuratan dan siswa diminta untuk mengurutkannya dengan benar. علي , السوق , ذهب , الى , العنب , ليشتري 4. Bisa juga setelah liburan ,,,masing masing siswa menulis pengalamannya selama liburan dlaam bahasa arab. Sumber Diambil dari Materi PLPG Bahasa Arab Angkatan VI 2014

0 komentar:

Posting Komentar