widget

Rabu, 22 April 2015

BAGAIMANA AGAR MENDAPATKAN ILMU YANG BERMANFAAT (Ulasan Kitab Ta'lim-Muta'alim)





 Sebagai manusia tentunya kita memerlukan yang namanya Ilmu, baik ilmu Agama maupun Ilmu Pengetahuan Umum lainnya. Jelas tentunya dengan ilmu kita mempunyai tujuan dalam megarungi kehidupan di dunia maupun di akherat. Sebagai seorang muslim menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban. Karena dengan ilmulah derajat manusia akan terangkat dan pada prinsipnya memuntut ilmu itu tidak ada batasnya, tentu kita masih ingat pepatah arab mengatakan “ Tuntutlah Ilmu mulia dari Ayunan sampai ke liang lahat (baca : Kubur) dan masih banyak lagi yang lainnya.
Berbicara mengenai ilmu, sebagai Shohibul Ilmi (baca: Penuntut Ilmu) pasti kita ingin dan berfikir bagaimana sih ilmu yang kita Cari atau kita pelajari agar dapat bermanfaat…dan mudah dalam proses belajar tersebut.
Dalam kitab Ta’lim Muta’ali karya Syekh Az-Zarnuji di katakan bahwa ada beberapa hal yang perlu dan wajib diketahui oleh kita para penuntut ilmu diantaranya adalah tentang masalah niat. Karena niat merupakan pokok dan harus di miliki oleh para penuntut ilmu. Beliau menjelaskan secara gamblang bagaimana seorang penuntut ilmu harus mempunyai niat, karena dengan niat yang sungguh-sungguh dalam melakukan aktifitas belajar maka akan mendapatkan pahala baik di dunia maupun di akhirat.
Beliau juga menghimbau kepada kita agar kita berniat untuk menghilangkan kebodohan dalam diri kita dan kebodohan yang ada di diri orang – orang atau masyarakat sekitar kita, agar umat islam tidak tertinggal dalam dunia pengetahuan dan tekhonogi. Sekaligus melanjutkan estafet dan melestarikan syariat islam di bumi nusantara.
Syekh Az-zarnuji bukan saja menjelaskan tentang niat, akan tetapi beliau juga menjelaskan bagaimana kita mencari seorang guru yang akan di jadikan sebagai pembimbing, penuntun dan pentransfer ilmu pengetahuan kepada kita, dan juga menjelaskan bagaimana kita mencari teman yang akan kita jadikan sebagai patner dalam mencari ilmu, sebab dengan berteman dengan yang malas secara otomatis kita akan ikut menjadi malas pula, begitu juga sebaliknya. ("Janganlah engkau bergaul dengan seorang yang pemalas, banyak orang yang baik lantaran bergaul dengan orang yang rusak tingkah lakunya, akhirnya ia menjadi rusak.")
Beliau juga menjelaskan cara memuliakan ilmu dan cara memuliakan para guru selaku shohibul ilmi. Perlu kita ketahui, seorang yang mencari ilmu tidak akan mendapatkan ilmu dan keutamaannya, terkecuali menghormati ilmu dan para guru, juga termasuk memuliakan ilmu adalah menulis dengan tulisan yang baik dan jelas, agar kita tidak menyesal dan di caci maki oleh anak cucu kita. Kesimpulannya adalah, sebagaimana yang telah di Uraikan oleh Syekh Az-zarnuji diatas secara keseluruhan merupakan kewajiban kita untuk selalu memegang teguh prinsip-prinsip dalam menuntut ilmu, diantaranya Niat, mencari Guru dan Teman yang akan di jadikan Patner kita dalam belajar

Sumber Klik Di Sini

0 komentar:

Posting Komentar